Skip to main content

Dasar, Tujuan, Fungsi mempelajari Algoritma


Assalamualaikum..

Mahasiswa yang kritis, akan bertanya ketika kelas pertama mata kuliah Algoritma Pemrograman dan Struktur Data.Tapi mahasiswa kebanyakan akan bertanya sesudah atau ketika waktu berjalan kepada diri sendiri atau kepada teman yang lain.. Pertanyaannya tidak lain dan tidak bukan "Buat apa sih kita mempelajari Mata Kuliah/Pelajaran ini???". Bener gak???

Ini sudah saya alami ketika kuliah di STMIK Sumedang. Sebagai informasi saja, Algoritma sudah melekat sebenarnya di kehidupan kita. Sesuai dengan pengertian Algoritma yaitu "Sebuah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan kondisi akhir adalah satu hasil dan tidak berarti dua" itu pendapat saya yang menggabungkan dari beberapa sumber (dari buku dan dari dosen).

Algoritma dalam bahasa kita berarti LOGIKA. Algoritma bertujuan dan berfungsi untuk :

1. Memperkuat cara berfikir kita untuk menyelesaikan suatu masalah
2. Membantu otak agar berfikir panjang
3. Memperkuat analisis ketika pembuatan program
4. Memperluas space berpikir

Itu saja yang bisa saya tulis, semoga dapat bermanfaat..

Wassalammualaikum..

Comments

  1. Intinya :
    1. Harus Suka dulu sama pemograman
    2. Harus penasaran (Biar ngulik)
    3. Cari Motivasi (Tetep Smangat)

    ReplyDelete
  2. Nah sekarang mumpung saya menemukan orang yang saya rasa bisa menjawab apa yang selama ini mejadi pertanya.

    Biasanya masalah yang di selesaikan dengan algoritma itu seperti apa?
    Dan bagaimana cara menerapkannya.

    Terimakasih maaf kalau prtanyaan saya sulit di pahami.

    Kalau ada kontak saya minta alamatnya entar saya follow.

    ReplyDelete
  3. Sangat banyak sekali gan.

    sebagai contoh sederhana :

    Kita menginginkan untuk menikmati secangkir kopi. algoritma atau urutan langkahnya apa saja?
    1. Siapkan Cangkir, Kopi, sendok dan Air panas
    2. Masukan kopi kedalam cangkir
    3. Tuagkan air panas kedalam cangkir
    4. aduk hingga lebur
    5. secangkir kopi siap

    hal terebut tanpa kita sadari adalah implementasi algoritma. jika tanpa algoritma, apa yg terjadi jika kita aduk dulu pakai sendok terus airnya yang belakangan. pasti gagal... semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  4. kenapa kebanyakan dari para hacker menguasai bahasa programan dan buat apa bahasa programan bagi para hacker ??

    jawabnya sob !

    ReplyDelete
  5. Yap... hacker ada juga yang tidak mengerti bahasa pemrograman. teman saya kayak gitu.. dia pake nya tool-tool atau dengan aplikasi lagi.

    kalo yang pake bahasa pemrograman biasanya lewat back door.. lewat lubang2 yang di tinggalin sama programer nya... kalo sobat udah menguasai b pemrograman pasti ngerti soal "lubang2" yang dimaksud... semoga jawabannya bisa membantu..

    ReplyDelete
  6. gan,ane ada tugas kuliah ni gan memuat sebuah program dengan kombinasi antara perulangan,kondisi,array,fungsi boelh dibantu gan saya udh muak bnget bnya k koddinh yg error gan dan mls rsanya untuk mencoba lg krna memuakan pelajaran algoritma pemrograman dasar
    bantu ea gan

    ReplyDelete
  7. Nah, pasti tu tugas selalu ada.. Pengalaman sob..

    Saat ini saya lgi gk ada laptop.. Jadi gak usah di satuin dalam satu kondisi.. Jadi pertama buat dulu menu tulisan biasa. Trus 1 menu nampilin perulangan, menu 2 array, buat yg function di pake buat menyimpan arraybdan perulangan.. Sedngkan if nya di pake buat kondisi menu yg tadi.. Nanti kalo ada waktu saya posting kode nya..

    ReplyDelete
  8. mau nanya, kalau abang kuliah lulusan mana ??

    ReplyDelete
  9. SMK INFORMATIKA SUMEDANG Terus STMIK SUMEDANG :)

    ReplyDelete
  10. Singkat dan Jelas #RESPECT

    ReplyDelete
  11. Menurut anda algoritma untuk memperkuat analisis itu pengertian secara detail serta contohnya bagaimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Pertanyaan yang bagus... (y)

      Algoritma = Urutan Langkah,
      dalam Analisis, sebelum ke perancangan Database, Tampilan, Biaya, dll. Pasti hal yang pertama kita lihat dulu urutan langkah atau Bisnis Proses dari sebuah persahaan seperti apa.

      jadi dengan kita belajar algoritma sederhana, itu akan sedikit2 menambah kekuatan analisis kita.

      semoga bisa membantu jawabannya.

      Delete
  12. terimakasih sudah mampir gan

    ReplyDelete
  13. Kak mau tanya dong, biasanya bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk belajar Algoritma dan Struktur Data?

    ReplyDelete
  14. Makasih kak untuk penjelasannya.. Salam Kenal Saya Adysha Puspa Dewi (1811500029) ini website saya https://belajaryuk.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Untuk Menyambung Silaturahmi, Saya Harap Kita bisa Bercakap lewat Komentar di Bawah ini.. ^_^

Popular posts from this blog

Deklarasi dan Cara Penulisan Array / Larik

Request Penjelasan Rinci Sintak dan Program PHP,HTML,CSS,SQL  (MENGERTI, BISA & MAHIR MEMBUAT WEB SENDIRI) Assalamualaikum.. Semoga artikel ini bermanfaat... Deklarasi Array Array yang akan dipergunakan harus di deklarasikan terlebih dahulu. Deklarasi dari Array diawali dengan kata cadangan Array diikuti oleh tipe index yang diletakkan diantara tanda “ [ ] ” diikuti lagi oleh kata cadangan of dan tipe arraynya. Array dapat bertipe sederhana byte , word , integer , real , boolean , char , string dan tipe scalar atau subrange. Contoh: Var X : array [ 1..100 ] of integer ; Larik X dideklarasikan sebagai larik tipe integer dengan jumlah elemen maksimum 100 elemen, dimana nilai elemen larik ini harus berisi nilai integer. Misalkan : X [1] : = 18 ; X [2] : = 5 ; Bila nilai elemen ke-1 dari larik X akan ditampilkan, dapat dipergunakan perintah : Writeln ( x[1] ) ; Deklarasi Tipe Index Subrange Integer Tipe index subrange integer sebagai berikut : Var Ni

Kode simpel mengambil SUM total dari sebuah field dengan php mysql

assalamualaikum wr wb. dalam pembuatan laporan keuangan, apalagi sekarang ini banyak yang mempunya toko online. tentunya jumlah pemasukan ingin diketahui. dengan sistak atau kode yang simpel ini, akan saya tunjukan bagaimana kodenya jika iingin menampilkan total atau jumlah dari sebuah field misal jumlah pemasukan atau pengeluaran atau jumlah keuntungan. pertama kita harus punya database dengan field keuangan. kita misalkan kita punya tbl_pemasukan dan ada salah satu field yaitu jumlah_pemasukan . Kode di phpnya sebagai berikut : $qry = mysql_query("select SUM(jumlah_pemasukan) as jumlah from tbl_pemasukan"); $data = mysql_fetch_array($qry); echo $data['jumlah']; ?> kode dasarnya adalah SUM(nama_field) as alias dipanggil dengan php $nama_var['nama_alias']; semoga bermanfaat.